Sambutan CEO Group


Pertama-tama, saya ingin mengucapkan salam hangat dan selamat datang ke portal hubungan investor kami. Kepada para pemegang saham, saya ingin mengucapkan “Terima Kasih” atas dukungan dan kepercayaan Anda pada kami. Kepada para calon investor, saya ingin mengajak Anda untuk menelusuri kisah sukses AirAsia yang dibentuk oleh fokus pada permintaan pelanggan, karyawan yang berdedikasi tinggi, kerja keras, pelaksanaan dasar-dasar bisnis yang baik, pengendalian biaya, dan semangat untuk menjadi yang terbaik!

Fokus kami adalah memahami dengan baik keinginan dan kendala yang dihadapi oleh para pelanggan kami. Semakin kami memahami kebutuhan para pelanggan, semakin kami dapat mengembangkan produk baru yang memenuhi kebutuhan tersebut.

Sebagai contoh, berkat saran dari pelanggan, kami memutuskan untuk membuat tampilan website AirAsia dalam berbagai bahasa – dan kami sangat berterima kasih untuk itu. Mungkin saran tersebut tampak sederhana, tetapi hasilnya sangat luar biasa. Hingga kini, lebih dari setengah penjualan kami berasal dari pemesanan melalui internet – dan jumlahnya terus meningkat.

Filosofi saya sangatlah sederhana: sebuah perusahaan hanya akan tumbuh jika perusahaan itu mampu mengendalikan pengeluarannya. Perusahaan itu harus efisien dan mampu menghasilkan laba. Perusahaan itu harus dapat memberikan nilai. “Apakah pengeluaran Anda masih dapat diturunkan lagi?”

Jawaban saya: jika kita tidak berusaha untuk meningkatkan efisiensi dan jika kita berpuas diri, kita tidak akan bertahan lama. Ini adalah tugas berkelanjutan yang kami hadapi dari tahun ke tahun. Kegigihan inilah kunci utama kesuksesan sebuah perusahaan.

Efisiensi anggaran, kerampingan usaha, dan laba usaha adalah fondasi untuk membangun sebuah perusahaan yang kuat. Meskipun fondasi yang kuat tidak menjamin sebuah bangunan akan kokoh, tetapi fondasi yang kuat adalah cara terbaik untuk mendirikan bangunan. Karena itu, kami akan terus bekerja keras untuk menciptakan efisiensi anggaran dan mengekspansi perusahaan. Ini adalah pesan yang dihayati oleh setiap karyawan AirAsia dan saya berbesar hati untuk menyampaikan bahwa ini adalah kultur kami.

Bagi sang pelanggan, AirAsia yang kuat adalah simbol kepercayaan dan kepemimpinan, yang memberikan rasa percaya diri dan rasa yakin. AirAsia bukan saja menjadi maskapai terbesar, tetapi juga menjadi pilihan utama mereka. Ini adalah semangat AirAsia. Percayalah saat saya mengatakan bahwa semangat kami untuk menjadi yang terbaik tidak akan pernah padam.

Tan Sri Tony Fernandes
Group CEO, AirAsia Group Berhad