Tanggung Jawab Sosial Perusahaan


Berkomitmen melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan, sepanjang tahun 2018 Perseroan terlibat dalam berbagai kegiatan lingkungan, komunitas, ketenagakerjaan kesehatan dan keselamatan kerja, serta kegiatan menyangkut tanggung jawab Perseroan terhadap konsumen. Hal-hal ini sejalan dengan empat pilar tanggung jawab sosial yang harus dipenuhi guna menjaga hubungan erat dengan semua pemangku kepentingan dan dengan demikian bertumbuh secara berkelanjutan.

TANGGUNG JAWAB BIDANG LINGKUNGAN HIDUP

Permasalahan lingkungan adalah isu penting yang memiliki dampak nyata pada kehidupan manusia. Untuk itu, kepedulian terhadap kelestarian lingkungan harus disuarakan terus menerus oleh semua pihak termasuk pelaku usaha. Sebagai wujud partisipasinya, Perseroan pada tahun 2018 melaksanakan kegiatan sebagai berikut:

  • Daur ulang – melalui kampanye Go Green, Perseroan mempromosikan program daur ulang kepada karyawannya. Selain mensosialisasikan konsep Reduce, Reuse, dan Recycle atau 3R, sarana penyimpanan barang daur ulang disediakan Perseroan di sekitar lingkungan kerja sejak Februari 2018. Karyawan diharapkan memisahkan barang daur ulang bersih berdasarkan bahan pembuatnya, seperti plastik, aluminium, dan kertas. Konsep 3R adalah konsep sederhana namun fundamental karena menyentuh keseharian manusia. Pelaksanaan konsisten konsep ini dapat menghasilkan sumbangsih besar untuk lingkungan hidup.
  • Sterilisasi hewan liar – diprakarsai oleh komunitas penyayang hewan di kalangan pegawai hub Denpasar, kegiatan ini dilangsungkan dengan bekerja sama dengan Bali Pet Crusaders. Anjing liar yang berada di sekitar Pantai Kedonganan, Kuta, dikumpulkan dan disterilisasi. Program ini bertujuan mengendalikan populasi anjing liar yang, jika bertambah tanpa terkendali, dapat menimbulkan risiko kesehatan terhadap manusia.
  • Hammock Amok Project – proyek kerja sama antara AirAsia Foundation dan APE Malaysia yang melibatkan pegawai dari berbagai AOC ini memproduksi berbagai sarana pengayaan untuk hewan menggunakan selang pemadam kebakaran yang sudah tidak dipakai. Hammock Amok Project 2018 berlangsung antara lain di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta.
  • Pembersihan pantai di Bali – karyawan Perseroan yang bergabung dalam komunitas pelaku olah raga lari berinisiatif membersihkan sampah plastik di Pantai Kuta pada 29 Juli 2018.

TANGGUNG JAWAB BIDANG KETENAGAKERJAAN, KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA (K3)

Perseroan berkomitmen memenuhi seluruh kewajibannya di bidang ketenagakerjaan dan K3 dengan menciptakan tempat kerja yang menjamin kesejahteraan pegawai. Untuk itu, Perseroan memastikan semua program jaminan kesehatan dan sosial tersedia untuk karyawannya, diantaranya BPJS Ketenagakerjaan yang meliputi Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun dibayarkan sesuai ketetapan kontribusi pihak pemberi kerja berdasarkan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku; semua karyawan didaftarkan pada BPJS Kesehatan sebagai peserta kelas I; dan Perseroan bekerja sama dengan asuransi kesehatan swasta dengan lingkup manfaat rawat jalan, rawat inap, rawat gigi, dan kacamata.

Dalam hal K3, Perseroan rutin mengadakan pelatihan pemadam kebakaran, simulasi evakuasi kondisi darurat yang mengacu pada prosedur standar operasional evakuasi, dan pelatihan K3. Pelatihan K3 secara komprehensif mencakup pengenalan lambang, dasar hukum, tujuan, definisi insiden, bahaya dan risiko K3, penilaian risiko, lambang dan tanda bahaya, dan alat pelindung diri. Pelatihan ini diharapkan dapat membangun perilaku sadar bahaya, sehingga semua karyawan senantiasa menjaga keselamatan diri, rekan, dan lingkungan kerja di mana pun ia berada. Semua pelatihan dan simulasi diadakan baik untuk karyawan tetap Perseroan maupun karyawan alih daya.

Perseroan melalui IAA juga mengacu pada Peraturan Perusahaan IAA yang berlaku untuk periode 2018-2020. Isi peraturan yang komprehensif mengatur hak dan kewajiban Perseroan dan pekerja menjadi pedoman Perseroan dalam mengelola hubungan industri.

Keberhasilan Perseroan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan menjaga hubungan baik dengan semua karyawan tercermin dari tingkat turnover IAA sebesar 1,68% per 30 September 2018. Selain itu, hingga 30 Oktober 2018, Perseroan mencatatkan nol kecelakaan kerja.

TANGGUNG JAWAB PENGEMBANGAN SOSIAL & KEMASYARAKATAN

Pelaksanaan tanggung jawab bidang sosial dan masyarakat adalah peluang bagi Perseroan mempererat hubungannya dengan pemangku kepentingan eksternal sesuai dengan kemampuan Perseroan. Perseroan memfokuskan kegiatannya di bidang ini pada beberapa tema seperti kesempatan belajar dan bekerja dan tanggap bencana.

Untuk kesempatan belajar dan bekerja, Perseroan membuka diri sebagai tempat pelajar Indonesia mempraktikkan langsung ilmu yang mereka pelajari di sekolah dengan mengikuti program magang di Perseroan. Menerima sekitar 100 siswa pada tahun 2018, sebagian besar lamaran magang ditujukan untuk bidang-bidang teknis seperti ground operation dan engineering. Mayoritas siswa berasal dari sekolah-sekolah penerbangan, pariwisata, dan teknik mesin. Selain itu, Perseroan juga berbagi ilmu dengan menerima undangan memberikan ceramah pada mata kuliah tertentu.

Dalam hal tanggap bencana, komitmen Perseroan adalah untuk selalu hadir memberikan uluran tangan untuk mereka yang membutuhkan. Pada tahun 2018, dua bencana besar terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan Palu, Sulawesi Tengah serta wilayah sekitar di kedua tempat. Perseroan melakukan aksi tanggap bencana dengan perincian sebagai berikut:

  • AIRASIA PEDULI LOMBOK
    Bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan maskapai lain, Perseroan hadir di tempat yang sulit terjangkau seperti Dusun Sugian, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur yang berjarak 105 km di timur Kota Mataram. Di sana, dan di desa-desa lain di wilayah timur, Perseroan menyerahkan bantuan air mineral, obat-obatan, makanan pokok, kebutuhan seperti baju, selimut, tikar, dan tenda.
  • #INDONESIAWITHLOVE
    Diselenggarakan sejak 12 Oktober hingga 31 Oktober 2018, kegiatan ini adalah kegiatan pengumpulan donasi pada saat penerbangan oleh awak kabin untuk membantu korban gempa bumi di Palu, Sigi, dan Donggala. Secara total, donasi yang terkumpul mencapai nilai Rp1.360.867.315. Bekerja sama dengan Yayasan Arkom Indonesia untuk pembangunan rumah bagi para korban.

Selain itu, Perseroan melakukan kegiatan sosial lain seperti donor darah yang dilaksanakan sebagai bagian dari peringatan HUT Republik Indonesia. Donor darah dilakukan serentak di empat lokasi hub (bandar udara Surabaya, Cengkareng, Denpasar, dan Kuala Namu) pada 21 Agustus 2018. Kegiatan sosial lain meliputi kunjungan ke panti asuhan dan kurban tahunan.

TANGGUNG JAWAB BIDANG KONSUMEN

Pelanggan adalah aspek terpenting bagi kelangsungan usaha Perseroan. Mengetahui hal ini, Perseroan bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan tanpa kecuali. Selain mematuhi kewajiban Perseroan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No. 49 tahun 2012 mengenai Service Recovery dalam keadaan penerbangan tertunda atau dibatalkan, Perseroan juga melakukan hal-hal berikut:

  • Membentuk mekanisme penanganan masukan pelanggan melalui email atau situs dan telepon masuk (call center)
  • Proaktif mengomunikasikan perubahan jadwal penerbangan, jika ada, melalui panggilan keluar, SMS, dan surel kepada pelanggan 
  • Bekerjasama dengan departement terkait untuk mengurangi keluhan pelanggan.

Perseroan berkomitmen menangani setiap masukan, permintaan, dan keluhan dengan efisien dan profesional.