Tanggung Jawab Sosial Perusahaan


TANGGUNG JAWAB SOSIAL BIDANG LINGKUNGAN HIDUP

Bisnis transportasi udara seperti halnya aktivitas usaha di bidang lain pasti menimbulkan dampak lingkungan dalam berbagai bentuk. Penggunaan bahan bakar dalam operasional pesawat udara maupun kendaraan operasional menimbulkan jejak karbon dari penggunaan kendaraan operasional. Dampak lingkungan juga bisa timbul dari penggunaan limbah kertas, emisi gas rumah kaca dari penggunaan pendingin ruangan maupun penggunaan energi lain.

Untuk itu, Perseroan melakukan tanggung jawa sosial di bidang lingkungan pada tahun 2017, antara lain melalui program penggunaan material dan energi yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Selain itu, Perseroan melalui IAA telah memiliki sertifikasi di bidang lingkungan.

Pelaksanaan tanggung jawab sosial bidang lingkungan hidup bagi Perseroan bukan hanya sebagai kewajiban tetapi tanggung jawab etis untuk menjaga pertumbuhan bisnis yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.


KETENAGAKERJAAN, KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)

Perseroan memiliki komitmen untuk menghadirkan lingkungan kerja yang aman dan nyaman. Hal ini diwujudkan dengan mengimplementasikan praktik ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja (K3) seperti kesetaraan gender dan kesempatan kerja yang sama tanpa diskriminasi gender maupun suku, agama, dan ras.

Untuk mendukung produktivitas pekerja, Perseroan telah menyediakan sarana dan keselamatan kerja yang memadai. Perseroan juga melakukan pengembangan dan pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi pekerja. Melalui kegiatan di bidang ketenagakerjaan, Perseroan berharap pekerja dapat merasa nyaman dalam bekerja dan menghasilkan produktivitas yang tinggi.

Untuk memberikan kepastian terhadap masa depan dan kenyamanan bekerja, Perseroan juga sudah mengikutsertakan karyawan dan keluarganya dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.


PENGEMBANGAN SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN

Perseroan senantiasa mengembangkan sumber daya manusia dan masyarakat sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung pertumbuhan pembangunan yang berkualitas.

Dalam pengembangan sosial dan kemasyarakatan, Perseroan memiliki kebijakan untuk merekrut tenaga kerja lokal. Melalui hal ini, Perseroan telah berupaya menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi tenaga pengangguran. Selain itu, Perseroan selalu berupaya untuk melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar antara lain melalui perbaikan sarana dan prasarana sosial.


TANGGUNG JAWAB KEPADA KONSUMEN

Pertumbuhan bisnis yang dicapai tidak lepas dari dukungan konsumen sebagai salah satu pemangku kepentingan. Untuk itu, Perseroan melakukan tanggung jawab terhadap konsumen melalui tanggung jawab produk seperti kesehatan dan keselamatan konsumen, informasi, sarana, jumlah dan penanggulangan atas pengaduan konsumen, dan lain-lain.

Perseroan juga melakukan tanggung jawab service recovery yaitu melakukan kompensasi atas keterlambatan pesawat, pengalihan, maupun pembatalan tiket sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2012.