Komite Audit


Komite Audit dibentuk dan bertanggung jawab kepada Dewan komisaris untuk menerapkan pengendalian internal dan audit serta memberikan opini secara independen mengenai hal-hal yang memerlukan perhatian Dewan komisaris sesuai dengan prinsip-prinsip GCG dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dasar Hukum

Komite Audit Perseroan dibentuk masing-masing melalui Surat keputusan Dewan komisaris No. AAID/ Sk-Dk/4-2018/001 dan No. AAID/Sk-Dk/4-2018/002 tanggal 30 April 2018 dan telah sesuai dengan:

  1. Peraturan Otoritas jasa keuangan No. 55/ POJK.04/2015 tanggal 23 Desember 2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Pelaksanaan kerja komite Audit.
  2. Peraturan Bursa Efek Indonesia No. I-A
  3. Anggaran Dasar Perseroan

Piagam Komite Audit

komite Audit Perseroan memiliki Piagam komite yang telah disahkan oleh Dewan komisaris pada tanggal 1 Oktober 2018 yang berisi panduan kerja komite Audit termasuk didalamnya tugas dan tanggung jawab serta pelaksanaan Rapat komite.

Profil Komite Audit

Komite Audit terdiri dari satu orang ketua dan dua orang Anggota. Berikut rincian profil komite Audit:

Agus Toni Soetirto
63 tahun
Warga Negara Indonesia
Ketua Komite Audit/Komisaris Independen
Masa Jabatan 5 (lima) tahun
Dasar Pengangkatan Surat Keputusan Dewan Komisaris No. AAID/SK-DK/4-2018/001 tanggal 30 April 2018
Riwayat Pendidikan Sarjana Pertanian Agribisnis, dari Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, 1981.
Pengalaman Kerja April 2016 – April 2017: Commercial Director di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
April 2016 – Juli 2017: President Commissioner di Aerowisata Garuda Indonesia Group
Mei 2006 – Maret 2016: Consumer Business Director di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
Oktober 2002 - Maret 2006: Commercial Director di PT Bank Bukopin Tbk
Juli 1999 – Agustus 2002: Risk Management Compliance & Director di PT Bank Bukopin Tbk.

Avian Widyasmono
52 tahun
Warga Negara Indonesia
Anggota Komite Audit/ Pihak Independen
Masa Jabatan 2 (dua) tahun
Dasar Pengangkatan Surat Keputusan Dewan Komisaris No. AAID/SK-DK/4-2018/002 tanggal 30 April 2018
Riwayat Pendidikan Master of Management (M.M.) di bidang Strategic Management dari Prasetya Mulya Indonesia Jakarta 2004-2006, dan Sarjana Akuntansi (S.Ak.) di bidang Akuntansi dari STIE Perbanas – Jakarta 1987-1992
Pengalaman Kerja September 2018 – Sekarang: Chief of Financial Officer, PT. Garda Paksi Nusantara.
Desember 2016 – Februari 2017: Chief of Financial Officer, PT. Whitesky Aviation.
November 2015 – Oktober 2016: Commissioner, PT. Jabar Rekind Geothermal.
Desember 2012 – Oktober 2015, PT. Wijaya Karya Jabar Power.
Mei 2010 – October 2015: President Director, PT Jabar Rekind Geothermal.
Juni 2011 – Desember 2012: Director, PT Wijaya Karya Jabar Power.
Aug 2009 – Mei 2010: Special Staff Finance Director, PT. Geo Dipa Energy.
Feb 2008 – Aug 2009: Director, PT. Rinjani Maritim Transportasi.
Jul 2006 – Mar 2008: Vice President Finance, Infinite Capital.
Mei 1997 – Jun 2006: Bakrie Group Company.

Ami Laksmikanti
48 Tahun
Warga Negara Indonesia
Anggota Komite Audit/Pihak Independen
Masa Jabatan 2 (dua) tahun
Dasar Pengangkatan Surat Keputusan Dewan Komisaris No. AAID/SK-DK/06-2019/003 tanggal 24 Juni 2019
Riwayat Pendidikan Short Course in Cash Flow Management dari Universitas Prasetya Mulia Jakarta 2001
Short Course in Account Officer dari Institut Bankir Indonesia Jakarta 1998
Short Course in Credit Analyst dari Institut Bankir Indonesia Jakarta 1997
Sarjana Ekonomi dari Universitas Khatolik Parahyangan Bandung 1991-1996
Pengalaman Kerja Mei 2018 - Sekarang: GA and HR Manager, PT Tigadaya Group
Sept 2004 - Mei 2017: Finance and Office Manager, PT Tigadaya Semesta
2000 - 2004: Investor Relation Officer, Indonesian Bank Restructuring Agency (IBRA)
1999 - 2000: Administrative Assistant, Indonesian Bank Restructuring Agency (IBRA)
1997-1999: Corporate Finance Service Assistant, Long Term Credit Bank of Japan

Independensi Komite Audit

Sesuai dengan Piagam komite Audit dan berdasarkan POJK No. 55/POjk.04/2015 tanggal 23 Desember 2015, komite Audit bertindak secara independen dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Seluruh anggota komite Audit Perseroan telah memenuhi persyaratan independensi, yang dituangkan dalam Surat Pernyataan Pribadi yang didokumentasikan oleh Sekretaris Perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab

  • Melakukan penelaahan atas informasi keuangan yang akan dikeluarkan Perseroan atau Perusahaan Publik kepada publik dan/atau pihak otoritas antara lain laporan keuangan, proyeksi, dan laporan lainnya terkait dengan informasi keuangan Perseroan;
  • Melakukan penelaahan atas ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan kegiatan Perseroan;
  • Memberikan pendapat independen dalam hal terjadi perbedaan pendapat antara manajemen dan Akuntan atas jasa yang diberikannya;
  • Memberikan rekomendasi kepada Dewan komisaris mengenai penunjukan Akuntan yang didasarkan pada independensi, ruang lingkup penugasan, dan biaya;
  • Melakukan penelaahan atas pelaksanaan pemeriksaan oleh auditor internal dan mengawasi pelaksanaan tindak lanjut oleh Direksi atas temuan auditor internal;
  • Melakukan penelaahan terhadap aktivitas pelaksanaan manajemen risiko yang dilakukan oleh Direksi, jika Perseroan atau Perusahaan Publik tidak memiliki fungsi pemantau risiko di bawah Dewan komisaris;
  • Menelaah pengaduan yang berkaitan dengan proses akuntansi dan pelaporan keuangan Perseroan;
  • Menelaah dan memberikan saran kepada Dewan komisaris terkait dengan adanya potensi benturan kepentingan Perseroan atau Perusahaan Publik; dan
  • Menjaga kerahasiaan dokumen, data dan informasi Perseroan.

Pelaksanaan Kegiatan Komite Audit tahun 2021

Realisasi pelaksanaan program kerja komite Audit pada tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Komite Audit telah melakukan penelahaan laporan keuangan perusahaan tahun 2021 baik laporan triwulanan, maupun laporan tahunan. Komite Audit juga telah membahas beberapa permasalahan yang memerlukan perhatian dari Direksi dan manajemen dan sudah mengusulkan usulanusulan untuk memperbaiki kinerja.
  2. Komite Audit mencatat bahwa perusahaan telah melakukan kegiatannya sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Perusahaan sebagai perusahaan publik dan terbuka, dalam melaksanakan kegiatannya tetap menjaga dan memelihara prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi dan profesionalisme sebagai unsur penting dalam praktik Tata Kelola Perusahaan yang baik.
  4. Selama tahun 2021, Komite Audit telah melakukan 3 (kali) kali rapat dengan tingkat kehadiran 100% anggotanya.
    1. Agenda Rapat Komite Audit 1 – 22 Maret 2021 Pembahasan Laporan Audit Konsolidasi AAID tahun 2020
    2. Agenda Rapat Komite Audit 2 – 2 Juni 2021
    3. Evaluasi Laporan Audit oleh KAP tahun 2020
    4. Agenda Rapat Komite Audit 3 – 29 November 2021 Evaluasi Laporan Keuangan Performance – Q3 Tahun 2021
  5. Untuk tahun 2021 Komite Audit belum mengikuti pelatihan/ seminar/ workshop.
  6. Program kerja selama tahun 2021 adalah
    1. Menyetujui kantor akuntan publik KAP Purwantono, Sungkoro & Surja dan sudah menelaah KAP sudah sesuai dengan persyaratan pasal 28 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 13/POJK.03/2017 tentang Penggunaan Jasa Akuntan Publik (“KAP”) dalam kegiatan jasa keuangan (“Peraturan OJK”). Dan saat ini sedang dilakukan kegiatan pelaksanaan audit.
    2. Memanggil masing-masing direksi untuk memberikan gambaran keadaan perusahaan secara menyeluruh kepada Komite Audit selama tahun 2021 dan Komite Audit telah memberikan rekomendasi sesuai dengan keadaan yang diperlukan selama tahun 2021.

Rapat Komite Audit

Kebijakan Rapat komite Audit mengacu pada Piagam komite Audit Perseroan, sebagai berikut:

  • Komite Audit mengadakan rapat secara berkala paling kurang 1 (satu) kali dalam 3 (tiga) bulan;
  • Rapat komite Audit hanya dapat dilaksanakan apabila dihadiri oleh lebih dari setengah (1/2) jumlah anggota;
  • Keputusan Rapat komite Audit diambil berdasarkan musyawarah untuk mufakat;
  • Setiap Rapat komite Audit dituangkan dalam Risalah Rapat termasuk apabila terdapat perbedaan pendapat (dissenting opinion) yang ditandatangani oleh seluruh anggota komite Audit yang hadir dan disampaikan kepada Dewan komisaris.

Pada tahun 2021 komite Audit telah melaksanakan 3 (lima) kali rapat dengan tingkat kehadiran 100% anggotanya, dengan rincian sebagai berikut.

Agenda Rapat

NO Tanggal Mata Acara
1 22 Maret 2021 Pembahasan Laporan Audit Konsolidasi AAID tahun 2020
2 2 Juni 2021 Evaluasi Laporan Audit oleh KAP tahun 2020
3 29 November 2021 Evaluasi Laporan Keuangan Performance – Q3 Tahun 2021

Frekuensi dan Tingkat Kehadiran Rapat

No Nama Jabatan Jumlah Rapat Kehadiran %
1 Agus Toni Sutirto Ketua 3 3 100
2 Avian Widyasmono Anggota 3 3 100
3 Ami Laksmikanti Anggota 3 3 100

Pelatihan dan Seminar Komite Audit

Untuk tahun 2021 komite audit belum mengikuti Pelatihan/seminar/workshop.